Thursday, 29 March 2012

3 Alasan Tangan Robot Sehangat Tangan Manusia

Teknologi telepresence terus dikembangkan, baik dari segi kualitas video maupun audio. Para ilmuwan dari Universitas Osaka, Jepang, menilai dengan teknologi telepresence saat ini, »kehadiran” seseorang secara jarak jauh belum terwakili.

Tangan Robot Sehangat Tangan Manusia  

Dikutip dari situs teknologi The Verge, Rabu, 28 Maret 2012, demi mewujudkan pengalaman telepresence yang lebih manusiawi, para ilmuwan kemudian membuat robot tangan yang bertugas untuk berjabat tangan dengan pengguna saat melakukan telepresence.

Robot ini dipasang terjulur di bawah monitor yang menampilkan wajah lawan bicara seakan itu adalah tangan miliknya.


Saat mencipta robot ini, para ilmuwan menemukan tiga aspek yang paling penting untuk membangun ilusi pengguna bahwa ia sedang memegang tangan manusia yang sebenarnya.

#Tulang rangka
Yang pertama adalah tekstur tangan manusia yang memiliki tulang rangka. Untuk ini para ilmuwan melapisi robot ini dengan kombinasi antara spons dan silikon.

#Temperatur badan
Faktor kedua adalah temperatur badan, di mana mereka menggunakan lapisan penghangat yang menjaga agar robot tersebut tetap bersuhu 37 derajat Celsius, atau sedikit lebih tinggi dari suhu normal tubuh manusia.

Mereka berasumsi bahwa pengguna akan lebih merasa menggenggam tangan manusia bila tangan robot lebih hangat dari mereka.

#Kekuatan genggaman
Faktor terakhir adalah kekuatan genggaman saat bersalaman. Para ilmuwan berencana untuk menambahkan sensor sentuh yang memiliki kemampuan interaktif ke dalam robot ini. Para ilmuwan ini tengah menjajaki kemungkinan teknologi ini diaplikasikan pada produk telepresence di masa depan.

sumber: Yahoo.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...