Thursday, 15 March 2012

Akira Yoshizawa dan Origami

Akira Yoshizawa, Sang Bapak Origami di Logo Google hari Rabu kemarin. Akira Yoshizawa dikenal sebagai Bapak Origami, seni melipat kertas yang cukup populer dan konon berasal dari Jepang.

Origami ditemukan di Jepang pada abad ke 17, sebelum akhirnya beredar luas ke berbagai penjuru dunia sekitar pertengahan tahun 1900. Sejak saat itu, Origami dikenal sebagai bentuk seni modern.

Google Origami

menandai ulang tahun ke 101 Akira Yoshizawa. Beliau telah menciptakan 50.000 model origami berbagai bentuk dan ukuran. Sebagian diantaranya telah diabadikan ke dalam 18 buku khusus origami.

Tampilan doodle google Rabu (14/3/12) ini menggambarkan lipatan kertas atau origami dalam rangkaian huruf. Ada empat kupu-kupu origami yang mencolok di beberapa huruf.

Ya, Rabu ini bertepatan dengan hari lahir dan meninggalnya bapak Origami asal Jepang, Akira Yoshizawa. Akira lahir pada 14 Maret 1911 dan meninggal dunia bertepatan dengan ulang tahun ke-94 pada 14 Maret 2005.  Sepanjang karirnya, beliau menjabat sebagai duta internasional kebudayaan Negeri Sakura.

Di tahun 1983, pada masa pemerintahan Kaisar Hirohito, Akira memperoleh gelar Order of the Rising Sun, sebuah penghargaan tertinggi untuk seorang warga negara Jepang.

Karena alasan itulah Google terinspirasi oleh bapak origami yang telah wafat 14 Maret 2005 silam untuk diabadikan sosoknya dalam google ‘doodle’.

Sumber: AAJR/WAJMLI/PikiranRakyat/MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...