Sunday, 11 March 2012

Hutang Klub Seria Musim 2010/2011 Meningkat!

Serie A Italia


Bola.net - Hutang klub-klub Serie A Italia meningkat 50 persen pada musim lalu, menurut studi tahunan yang dipublikasikan La Gazzetta dello Sport pada Jumat (09/03).

Secara keseluruhan, klub-klub Italia rugi 285 juta euro pada musim 2010/2011, naik dari 1903 juta euro pada musim sebelumnya. Pihak yang banyak ambil bagian adalah tiga raksasa Italia, yang jika digabungkan mencatat kerugian sebesar 252 juta euro.

Juventus memimpin dengan kerugian 95,4 euro mereka, disusul oleh Inter Milan (86,8 juta euro) dan AC Milan (69,8 juta euro). Ini merupakan tren yang mengkhawatirkan bagi klub-klub papan atas Italia, di mana peraturan keuangan baru UEFA akan efektif pada musim depan.
Kerugian yang diderita Juve sebagian besar karena pembangunan stadion baru mereka, namun peraturan baru terkait pembagian hak siar televisi akan memukul ketiga klub besar tersebut dan menguntungkan klub-klub yang lebih kecil.

Bagaimanapun, sektor yang paling banyak menyedot keuangan adalah gaji para pemain, yang mencapai 89 persen dari anggaran Juventus, dan jumlah serupa untuk Inter (88 persen) dan Milan (85 persen).

Tidak semua klub Italia mencatatkan rekor keuangan buruk, beberapa klub mampu mengelola keuangan dengan baik. Salah satunya adalah Cagliari, yang mencatatkan keuntungan untuk kelima kalinya berturut-turut.

Napoli, yang juga masih berpartisipasi di Liga Champions musim ini, juga membuktikan bahwa sukses tidak selalu berharga mahal, di mana mereka mencatatkan keuntungan sebesar 4,2 juta euro, dan mampu menjaga pengeluaran untuk gaji pemain tetap di bawah angka 42 persen.

Lazio dan Udinese, yang masih berjuang untuk meraih peringkat ketiga musim ini dan bermain di Liga Champions pada musim depan, juga membukukan keuntungan.

Salah satu klub lain yang juga meraih keuntungan adalah Palermo, meski hal tersebut sangat terbantu oleh penjualan Javier Pastore dengan harga 42 juta euro ke Paris Saint Germaint(gaz/lex)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...