Thursday, 15 March 2012

10 Komputer yang Mengubah Dunia

Komputer adalah suatu bagian besar dari kehidupan kita sehari-hari yang dengan mudah untuk dilupakan seberapa jauh muncul dalam dekade singkat. Hari ini mereka pergi ke mana pun kita pergi dan dapat digunakan untuk jutaan tujuan, akan tetapi tidak membutuhkan waktu lama bagi mereka menguasai dunia dengan kekuatan komputasi dari smartphone.

Berikut adalah beberapa komputer yang mengubah cara kita bekerja dan membuat ada perangkat komputer yang kita kenal hari ini.

#10. ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Komputer)

Kredit: Universitas Columbia

Dijuluki “mesin luar biasa dengan kecepatan elektronik pertama untuk mengerjakan tugas-tugas matematika sampai sekarang yang terlalu sulit dan rumit untuk mencari solusi,” dikutip dari  New York Times, ENIAC adalah komputer yang  bertujuan umum pertama untuk elektronik.

Dikembangkan untuk militer selama Perang Dunia II sebagai alat untuk menghitung pengaturan yang digunakan untuk senjata yang berbeda di bawah kondisi target yang berbeda. ENIAC berisi 17.468 tabung vakum, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, 6.000 switch manual dan 5 juta titik solder. Selain itu, menutupi 1.800 meter persegi ruang lantai, beratnya 30 ton dan mengambil 160 kilowatt daya listrik untuk beroperasi.

ENIAC bisa diprogram untuk melakukan urutan kompleks operasi, dan bisa menghitung 5.000 penambahan, perkalian 357, dan 38 pembagian dalam single kedua. Meskipun kecepatan untuk melakukan perhitungan, tugas mengambil masalah dan pemetaan ke mesin ini kompleks, dan biasanya memakan waktu berminggu-minggu.

ENIAC tidak selesai pada waktunya untuk mendatangkan manfaat selama Perang Dunia II, tapi itu digunakan selama Perang Dingin untuk membantu melakukan perhitungan untuk desain bom hidrogen dan proyek lainnya.

#9. iMac

iMac
Kredit dengan kembalinya Apple, iMac asli adalah semua-dalam-satu komputer pribadi, dengan kedua monitor dan unit sistem dalam satu tempat tunggal.

Ketika dirilis pada tahun 1998, iMac benar-benar berbeda dari komputerdari komputer sebelumnya.
iMac sangat mudah dikenali. Selain itu, iMac adalah komputer pertama yang secara eksklusif menawarkan port USB sebagai standar, termasuk konektor untuk keyboard baru dan mouse. Apple juga meninggalkan drive disket untuk pertama kalinya sejak tahun 1984, dengan alasan bahwa recordable CD, internet, dan jaringan kantor dengan cepat membuat disket ketinggalan jaman.

#8. Gavilan SC

Gavilan SC

Dirilis pada tahun 1983, Gavilan adalah komputer pertama yang pernah dipasarkan sebagai ‘laptop’.
Perangkat ini beratnya hanya sembilan kilogram, termasuk mouse touchpad dan printer portabel. Gavilan ini juga mampu memproses dengan baterainya, sebuah fitur yang pada dasarnya tidak pernah terdengar pada saat itu. Sebagai standar untuk disket masih sedang diputuskan, Gavilan dirancang untuk mengakomodasi kedua drive 3.0-inch microfloppy 320K serta floppy drive 3,5-inci.

Pada akhirnya, Gavilan tidak telalu berkembang maju. Itu karena belum ada pasar untuk komputer laptop pada saat itu, tetapi juga karena Gavilan berjalan pada sistem operasi sendiri dan karena itu tidak kompatibel dengan sistem lain.

#7. Google Server


Sementara kebanyakan perusahaan membeli server dari Dell, Hewlett-Packard, IBM, atau Sun Microsystems, Google mengambil rute sendiri untuk merancang dan membangun sendiri.

Setiap server memiliki 12-volt baterai sendiri, yang menjamin unit akan terus berjalan jika terjadi pemadaman listrik. Selain itu, baterai individu menggunakan energi jauh lebih efisien (99,9 persen efisiensi). Sistem ini, yang sepenuhnya unik, telah beroperasi sejak tahun 2005.

Sistem perangkat keras yang dibuat oleh raksasa mesin pencari bahkan mencerminkan algoritma pencarian Google sendiri, yang didasarkan pada toleransi kegagalan beberapa komputer dan mengoptimalkan lingkup mereka.

#6. Colossus Komputer

Kredit: United Kingdom, Colossus Komputer

Terletak di Bletchley Park selama Perang Dunia 2, Colossus digunakan oleh pemecah kode Inggris untuk membantu membaca pesan terenkripsi Jerman. Sistem ini dirancang oleh insinyur Tommy Flowers sebagai komputer digital, diprogram dan elektronik pertama.

Colossus memungkinkan Inggris untuk memecahkan kode dari mesin SZ Lorenz Cipher, yang mirip dengan Enigma, tetapi digunakan oleh komando tinggi Jerman dan kantor pusat lainnya. Para Lorenz adalah sistem teletype yang terhubung yang mengandalkan 12 roda ciphering untuk menulis dlm kode tingkat tinggi lalu lintas. Melanggar kode diperlukan dua proses, pemecah roda dan pengaturan roda. Awalnya, Colossus digunakan untuk membantu dengan pengaturan roda, namun kemudian operatornya menemukan bisa juga disesuaikan dengan proses melanggar roda.

Colossus menggunakan tabung vakum country-of-the-art, diisi gas tabung dan photomultipliers untuk optik membaca kertas pita. Kemudian akan menerapkan fungsi logis diprogram untuk setiap karakter, menghitung seberapa sering fungsi ini kembali “true”.

Sepuluh dari mesin ini dibangun selama perang, dan desain mereka terus ditingkatkan dan di upgrade. Pada akhir perang, Sekutu membongkar semua kesepuluh dari mesin Colossus dan membakar semua gambar teknis dan diagram. Keberadaan kompute ini tetap menjadi rahasia selama hampir 30 tahun.

#5. Apple II

Apple II
Apple II adalah salah satu dari mikrokomputer pertama yang diproduksi secara massal yang sangat sukses. Dianggap sebagai kemajuan besar dibanding Apple I, penggantinya menampilkan layar warna, delapan slot ekspansi internal, dan kasus dengan keyboard, yang langka pada saat itu.

Ini juga telah disebut sebagai ‘sistem pengguna pertama ramah’ karena bahasa pemrograman BASIC dibangun di kanan, sehingga memungkinkan untuk lari keluar dari kotak.

Dirancang untuk terlihat lebih seperti alat rumah dari peralatan elektronik, tutup komputer dapat muncul segera, mengungkapkan motherboard disertakan dengan delapan slot ekspansi, dan berbagai random access memory (RAM) soket yang bisa menampung hingga 48 kilobyte senilai memori chip.

Apple II masih dijual hingga 1990 dengan beberapa perubahan pada model – tidak buruk jika mengingat bahwa pada awalnya diperkenalkan pada tahun 1977. Pada akhir produksi berjalan pada tahun 1993, di suatu tempat antara lima dan enam juta Apple II seri komputer telah dijual.

#4. Mekanisme Antikythera