Sunday, 4 March 2012

Perbedaan dan Persamaan Facebook, Twitter, dan Blog

Perbedaan  Facebook, Twitter, dan Blog

Facebook hadir dengan berbagai macam fitur dan bisa dibilang sudah cukup komplit. Facebook tidak hanya sekedar update status tetapi kita bisa berbagi gambar, berbagi video, chatting secara online, serta menikmati fitur-fitur seperti game, kuis, polling, dll.  Kecepatan loading facebook agak sedikit lama. Sementara facebook semua teman yang kita punya menggunakan sebutan yang sama yaitu ‘friends’. Facebook bisa menyimpan foto atau data-data.Namun, facebook tidak bisa men-design web.

Twitter hanya menwarkan kesederhanaan, bisa dibilang twitter tidaklah lebih dari sekedar update status dan itupun hanya dibatasi sampai 140 karakter saja. Apabila dilihat dari keceptan loading twitter memiliki kecepatan yang lebih cepat. Jika di Twitter membedakan teman menjadi ‘following dan follower’ dimana artinya yaitu following adalah teman yang kita ikuti dan follower adalah teman-teman yang mengikuti kita. Twitter hanya bisa menyimpan satu foto saja dan tidak bisa menyimpan banyak foto. Twitter bisa men-design web sesuai dengan keinginan kita, tampilan yang menarik.

Twitter dengan kemudahan 140 karakternya jelas memiliki kehebatan tersendiri mengatasi kemalasan bertutur panjang seperti facebook dan blog. Twitter, bertutur cepat dan singkat Hebatnya lagi twitter di satu sisi dari perspektif lain juga bisa dikatakan kelemahan dalam satu platform tunggal, sentralistik dengan konektifitas member yang terstrukstur.
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Dalam perkembangannya sebuah webiste sering kali bersifat statis dan aplikatif, sedang sebuah blog bersifat dinamis dan personal menurut opini saya.
Pengertian Facebook – Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Di sisi lain ada blog, yang sangat menarik, setidaknya bagi pengguna aktif, media online yang sangat fleksibel dibentuk mau jadi apapun tergantung pemiliknya. Media yang merdeka dengan dirinya, mencitrakan si empunya. Personalize and custom. Ia bisa dibentuk jadi mikroblog, portal, forum, galeri, toko online dan lain sebagainya. Bedanya, blog itu mandiri tak terikat oleh sistem yang sentral seperti media jejaring sosial. Ia bisa seperti jejaring sosial juga sebetulnya, lagi-lagi tergantung pemiliknya. Blog membutuhkan sentuhan personal untuk bisa populer bersaing seperti situs-situs besar dengan traffick besar. Satu-satunya kawan yang peduli dirinya hanyalah mesin pencari ketika si empunya tak lagi peduli.
Berikut merupakan 11 perbedaan keunggulan antara Twitter, Facebook dan Blog:

1. Profile
Pada situs microblogging seperti Facebook banyak teman yang sangat terbuka dengan profilenya namun ternyata banyak juga yang kurang terus terang dengan umurnya. Dan banyak pula orang yang menghidden tahun kelahirannya dan ada juga yang memudakan angka tahunnya sampai beberapa tahun. Blog malah sebaliknya, banyak yang kurang terbuka dengan About Me-nya (profile) tapi lebih terus terang dengan hal yang menyangkut seperti umur dan kompetensinya seperti pekerjaan dan latar belakang pendidikannya. Di Twitter justru merupakan situs yang profile akun-nya kebanyakan lebih bersifat terbuka dan jujur.

2. Posting
Menulis di Twitter (update status) nyaris tanpa berpikir lama. Ini berbeda sekali dengan menulis di blog yang butuh memeras otak tidak sebentar untuk mencari ide, merumuskannya menjadi bentuk artikel, dan terakhir menuliskannya menjadi sebuah postingan di blog. Kelebihan ini bisa disejajarkan dengan Facebook namun menjadi berbeda saat membalas komentar karena di Twitter lebih simple cara membalas setiap komentar yang masuk.
3. Update Status
Di Facebook karena pertemanan sistemnya sejajar maka update status cenderung dua arah sama seperti di blog, sementara di Twitter tidak. Ini sekali lagi membuat kita lebih nyaman untuk memposting tweet (update status) daripada update di Facebook yang berharap status kita diberi komentar oleh orang lain atau diberi jempol. Nah, ini yang membuat Twitter lebih menyenangkan daripada Facebook dan blog.

4. Respon Pembaca Status
Tidak pernah ada perasaan malu atau tidak nyaman jika tweet kita di Twitter tidak dibalas (reply) follower karena di Twitter status lebih kepada pemberian informasi atau broadcast. Ini tentu berbeda dengan Facebook dan blog yang berharap ada respon atau feedback dari para pembaca.
5. Segmen Tujuan
Kelebihan pertama, Twitter segmen pemakainya baru menyasar kepada kelas orang tertentu, belum kepada semua kalangan. Setidaknya ini di negara kita. Berbeda dengan Facebook yang menyentuh semua kalangan. Termasuk juga blog yang bisa diakses semua orang. Ini tentu saja lebih terfokus. Kelebihan Kedua, di Twitter kita bisa bebas memfollow siapapun sesuai interesting kita tanpa perlu ribet. Di Facebook tidak, harus melalui dinding approval orangnya, kecuali yang group atau fanpage yang bisa bebas. Dan menunggu persetujuan dari sang pemilik akun untuk menerima kita sebagai temannya atau tidak.
6. Kebebasan
Twitter membuat orang bebas mengeksplorasi apa saja yang ada di kepala tanpa ada perasaan tidak enak dengan teman atau relasi yang sudah terkoneksi dengan akun pengguna lain di Facebook. 
7. Kecepatan Menerima Informasi
Di Twitter pencarian informasi sangat mudah dan cepat. Kita dapat mencari berdasarkan hastag atau ketik kata kunci lewat kotak pencarian di Twitter. Dan karena mayoritas tweet orang bersifat terbuka jadi hampir setiap topik bisa disearching di Twitter mirip dengan pencarian informasi lewat search engine dan bisa update secara realtime tiap detik dan menit terus bertambah kalau yang kita searching adalah topik hangat. Dan kelebihannya yang lain, lebih natural dan dari usernya langsung. Coba bandingkan dengan pencarian informasi yang didapat di blog, seringkali penuh rekayasa dan jebakan SEO. 
8. World Trending Topic
Di Twitter kita jadi tahu topik apa yang lagi hangat dan menjadi trending topic, dibicarakan banyak orang di seluruh dunia tanpa harus tersekat dengan menjadi teman lebih dulu atau tidak seperti halnya di Facebook yang sistem informasinya tertutup. Termasuk jika dibandingkan dengan penyajian informasi lewat blog yang cenderung telat bahasannya. Baca "Basi".
9. Mudah ditampilkan di Web / Blog
Postingan twitter bisa kita tampilkan di web / blog, baik berupa widget juga bisa diintegrasikan bersama postingan konten. Postingan twitter juga memiliki RSS feed, sehingga data mentah dari twitter bisa flexibel di tampilkan dimana saja. Sebaliknya, update status di facebook belum bisa ditampilkan di web/blog dalam bentuk text. bisa ditampilkan tapi dalam bentuk image bersama widget facebook badge, tentunya sangat terbatas pengaturannya. Ada sangat banyak plugin pendukung twitter untuk CMS WordPress. Sedangkan plugin twitter untuk CMS Joomla sudah mencapai 69 plugin (berdasarkan hasil pencarian).

10. Solidaritas
Kalau berbicara solidaritas antara sesama facebookers dan blogger persamaannya sama tingginya. Yang berbeda adalah solidaritas dalam hal komentar. Jika di blog ada semacam etika tidak tertulis tentang aturan untuk mengunjungi balik dan saling memberi komentar jika blog kita dikunjungi blogger lain kecuali pada Blogger seleb, maka tidak demikian halnya perilaku facebookers, banyak yang suka update status sehari sampai beberapa kali, aktif menanggapi komentar-komentar di statusnya sendiri tapi banyak yang tidak cukup aktif mengomentari status orang lain.

11. Tujuan
Tujuan utama diciptakannya situs microblogging seperti Facebook dan Twitter sebenarnya lebih kearah pertemanan atau networking sementara pada Blog lebih kearah berbagi kepada orang lain, menyampaikan opini atau pendapat untuk saling berdiskusi secara terbuka dengan audien internet yang lebih universal.

Persamaan  Facebook, Twitter, dan Blog

1. Memiliki akun dapat dengan mudah dan gratis
2. Bisa membuat post, komentar, dsb
3. Profile sebagai tanda kepemilikan akun
4. Merupakan fasilitas untuk saling berbagi
5. Pembuatan dan pengelolaan mudah


C. Ukuran Fasilitas antara  Facebook, Twitter, dan Blog
Fasilitas pada Blog, Facebook, dan Twitter
No
Fasilitas
Weblog
Facebook
Twitter
1.
Pembuatan akun gratis
V
V
V
2.
Pembuatan dan pengeloaan mudah (tidak menggunakan bahasa program/webmaster)
V
V
V
3.
Pengiriman tulisan (Update status)
V
V
V
4.
Pemberian komentar
V
V
V
5.
Pemberitahuan setiap tulisan/komentar
V
V
V
6.
Pemberitahuan terintegrasi secara “mobile” melalui telepon gengam
X
V
V
7.
Tulisan dan komentar yang dikirimkan bersifat terbuka bagi public
V
V
V
8.
Tulisan dan komentar yang dikirimkan dapat dibuat tertutup hanya untuk jaringan teman
X
V
V
9.
Grup diskusi dan partisipan dapat dipilih (dapat bersifat tertutup atau terbuka pada public)
X
V
V
10.
Penanda (tag in) yang dapat terkoneksi secara mobile dan muncul dalam pemberitahuan, untuk memanggil pengguna lain, sehingga aktif berdiskusi.
X
V
V
11.
Satu tulisan dapat menampung lebih dari 140 komentar tanpa “low loading”
X
V
X
12.
Selain diskusi ON /OFF juga dapat dilakukan diskusi online
X
V
X
13.
Dapat mengetahui informasi yang sedang hangat
X
X
V
14.
Dapat bermain permainan langsung
X
V
X
15.
Kecepatan menerima informasi
X
X
V
16.
Kebebasan berkreasi untuk pemilik akun
V
X
X
17.
Profil pemilik akun
V
V
V
keterangan; V=ada, X=tidak ada

sumber:


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...