Friday, 16 March 2012

Sembilan Langkah Sebelum Piknik


Piknik
Dengan mengajak keluarga piknik membutuhkan persiapan dari jauh hari. Buatlah daftar perjalanan Sahabat Baca agar piknik berjalan lancar. Ini dia Sembilan langkah yang bisa anda lakukan sebelum piknik:

1. Hitung anggaran biaya

Jika anggaran Sahabat tidak cukup banyak, pikirkanlah kembali untuk tempat rekreasi yang ingin Sahabat kunjungi dengan biaya yang relative terjangkau.

2. Tentukan Waktu

Sebaiknya, piknik tidak direncanakan dalam waktu yang mepet, sehingga persiapan bisa maksimal dan seluruh anggota keluarga bisa ikut.
3. Pastikan Tujuan

Jika Sahabat hanya memiliki waktu saat akhir pecan, sebaiknya tempat dituju tidak terlalu jauh. Bila perlu, tentukan lokasi bersama seluruh anggota keluarga, sehingga semangat piknik terasa sejak awal. Pilih lokasi yang membuat keluarga nyamandan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, misalnya untuk si anak-anak, di taman buah, pinggiran pantai, danau, atau lain sebagainya. Namun, yang paling penting jalinan keluarga semakin erat dan waktu yang dihabiskan berkualitas untuk  dihabiskan bersama keluarga.

4. Buat daftar

Tentukan siapa saja yang kan diajak. Mengetahui jumlah dan usia peserta piknik akan memudahkan dalam segala hal.

5. Mengatur menu

Sediakan menu dan makanan kesukaan bila Sahabat membawa anak kecil atau balita, sehingga mereka tetap menikmati acara makan dan senang. Sediakan pula snack agar perjalanan tidak membosankan, terutama perjalanan yang menguras waktu. Pastikan makanan disimpan ditempat tertutup dengan  rapat, sehingga tidak mudah tumpah.

6. Berbelanja

Agar makanan yang dibeli menjelang piknik tidak sia-sia, adakanlah belanjadua hari sebelum piknik diadakan. Simpan sayuran, daging diwadah tertutup dan terpisah, dan masukkan ke dalam lemari es. Agar tidak terburu-buru saat memasak usahakan sayuran dan lainnya sudah dipotong sebelumnya.
7. Memasak makanan

Untuk masakan tahan lama seperti rendang atau tempe kering, Sahabat bisa memasak sebelumnya dan memanaskan sehari sebelumnya atau pada hari H.Tunggu masakan hingga dingin lalu tempatkan di wadah yang rapat. 

8. Cukup istirahat

Jangan sampai membuat Sahabat terlalu lelah menyiapkacara piknik atau menyelesaikan pekerjaan lain. Tentu tidak menyenangkan piknik dalam kondisi tidak fit.

9. Berangkat piknik

Sebelum berangkat, cek kembaliperlengkapan yang akan dibawa. Agar tidak memakan tempat di bagasi mobil, tata wadah makanan, dan perlengkapan lainnya agar tidak memakan tempat di bagasi mobil.
Selamat Bertamasya.

sumber: Majalah NOVA

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...