Monday, 2 April 2012

Tim Cook Saingi Steve Jobs

CEO Apple Tim Cook (Ist)

Memang belum genap setahun saat Tim Cook menerima 'tongkat estafet' jabatan CEO Apple dari Steve Jobs. Namun yang pasti, Cook berhasil bekerja dengan baik memimpin perusahaan itu, setidaknya itu menurut para pekerja yang berada dibawah komandonya.

Menurut hasil survei yang dilakukan survei pencari kerja Glassdoor.com, sebanyak 97% pekerja Apple setuju bahwa Tim Cook bekerja dengan baik saat memimpin Apple. Bayang-bayang kharismatik Jobs selama menakhodai Apple sedikit banyak sukses digantikan Cook.

"Sementara banyak orang berspekulasi apakah Cook mampu diterima oleh karyawan dan memimpin raksasa teknologi itu, namun nyatanya ia telah memimpin dengan baik," tulis Glassdoor.

Sebagai perbandingan, peringkat Jobs saat ia mengundurkan diri sebagai CEO Apple adalah 97% juga, bila dibandingkan rating sebelumnya adalah 95%. Survei ini juga melibatkan 25 CEO teknologi ternama, seperti Paul Jacobs dari Qualcomm (95%), Larry Page yang memimpin Google (94%), Paul Otelini Intel (90%) dan lain sebagainya.

Hanya satu wanita dalam daftar top 25 CEO teknologi yang dianggap memuaskan dalam memimpin karyawannya dan ia mengepalai sebuah perusahaan teknologi tinggi. Dia adalah Meg Whitman, CEO Hewlett-Packard (80%).

Kecemasan awal atas masa depan Apple pada saat ditinggal wafat oleh pendirinya telah memudar dan terlupakan, luntur oleh keberhasilan produk seperti new iPad dan iPhone 4S.

"Dalam waktu yang sangat singkat, kekhawatiran tentang Apple setelah Steve Jobs tiada tampaknya telah menghilang. Hampir tidak pernah menyebutkan kekurangan Cook di media," demikian tulis analis Nigam Arora, di Forbes.

"Hampir secara universal menerima bahwa Steve Jobs membangun Apple seperti sebuah tim eksekutif yang kuat," tandasnya.


detikINET | Macworld

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...