Tuesday, 8 May 2012

Komunikasi Dengan Video Chat Hologram


Skype dan iChat adalah layanan video call yang terpopuler saat ini. Namun, di masa depan keduanya bisa jadi hanyalah alat panggilan video yang tradisional.

Sebab, diprediksi bahwa dalam waktu tak terlalu lama, video chat tidak hanya mampu menampilkan lawan bicara dalam bentuk gambar 2 dimensi saja, tetapi juga hologram 3D. Alhasil seolah-olah kita sedang berbicara secara langsung.

Memang seperti di film-film sci-fi Hollywood, ilmuwan asal Queen University, Kanada, memungkinkan pengguna untuk melihat yang diajak bicara dalam tampilan 360 derajat. Mereka sendiri menyebutnya sebagai layanan adalah TeleHuman.

Untuk mewujudkan teknologi tersebut, penelitian yang dipimpin oleh Roel Vertegaal, Director of the Human Media Lab, juga mengandalkan Kinect milik Microsoft sebagai alat penunjangnya.

Meskipun konferensi video holografik terdengar sangat futuristik, Vertegaal dan timnya mengatakan mereka mampu menempatkan bersama-sama dengan teknologi yang ada.

"Kami pada dasarnya 'menjahit' secara bersamaan dengan bantuan Kinect," kata Vertegaal.

Dalam sebuah video yang ditampilkan, para peneliti menjelaskan bahwa objek disorot dengan enam Microsoft Kinect di bagian atas layar yang menangkap gambar dan sebuah proyektor 3D silinder yang menciptakan efek holografik.

TeleHuman hanya akan mengambil gambar Anda jika berdiri dalam jarak sekitar delapan meter dari proyektor silinder akrilik.

"Bantuan Kinect juga mampu menciptakan setiap sudut bagian objek secara 360 derajat," tambah Vertegaal.

Ditambahkan juga olehnya, Telehuman ini dijual dengan harga USD 5.000 dan diperkirakan akan siap pada lima tahun mendatang.


detikInet

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...