Monday, 25 June 2012

6 Nasehat Para Konglomerat Teknologi

Perusahaan besar seperti Apple, Google atau Microsoft tidak akan meraksasa seperti sekarang tanpa jerih payah para pendirinya. Para perintis ini pun tinggal menikmati kekayaan melimpah ruah.

Tentu saja para konglomerat teknologi tersebut mempunyai banyak ilmu untuk dibagikan. Kata-kata mereka pun seringkali sangat inspiratif.

Berikut beberapa nasehat bijak dari para konglomerat teknologi dunia yang mungkin patut direnungkan.

Steve Jobs - Pendiri Apple

Mengingat bahwa aku akan segera mati adalah alat paling penting yang pernah kutemui untuk membantuku membuat pilihan besar dalam hidup. Karena hampir semua hal, semua harapan dari orang lain, semua kebanggaan, semua ketakutan malu atau gagal, hal-hal tersebut tidak ada artinya di hadapan kematian.

Mengingat kamu akan mati adalah cara terbaik yang kuketahui untuk menghindari jebakan pikiran bahwa kamu mempunyai sesuatu. Kamu sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti hatimu.

Waktumu terbatas, jangan sia-siakan untuk menjalani kehidupan orang lain. Jangan terjebak pada dogma, yang adalah hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan opini orang lain menenggelamkan suara di dalam kamu. Yang paling penting, beranilah mengikuti hati dan intuisimu yang entah bagaimana sudah tahu sesungguhnya kamu ingin menjadi apa. Stay hungry. Stay foolish.

Jeff Bezos - CEO Amazon

Mereka yang sukses berfokus pada apa yang mereka cintai. Pada masa perebutan ladang emas internet di tahun 1999, aku melihat beberapa orang yang tidak punya ketertarikan nyata pada internet, teknologi atau komputer duduk dan mulai mencari kekayaan dari internet. Hal itu sangatlah sulit.

Berbahaya terjun ke arena dan melawan mereka yang punya lebih banyak gairah dibandingkan Anda. Kabar baiknya adalah, jika kita mendengarkan diri sendiri, kita sudah tahu apakah passion kita. Hati kita adalah pemandunya.

Bill Gates - Pendiri Microsoft


Pencapaian terbesar manusia bukanlah dari penemuan mereka, namun bagaimana penemuan tersebut diaplikasikan untuk mengurangi ketidakadilan. Apakah dengan demokrasi, pendidikan publik yang yang kuat, fasilitas kesehatan berkualitas, ataupun kesempatan ekonomi yang luas, mengurangi ketidakadilan adalah pencapaian terbesar umat manusia.

Dalam tahun-tahun Anda, saya berharap Anda punya kesempatan untuk bepikir tentang bagaimana - dalam masa teknologi maju seperti sekarang ini - akhirnya kita bisa mengalahkan ketidakadilan itu dan kita bisa menyelesaikannya.

Larry Page - Pendiri Google

Beberapa dari kita cukup beruntung bisa berada di sini dengan keluarga. Beberapa dari kita punya teman-teman kesayangan dan keluarga di mana kita bisa pulang. Dan siapa tahu, beberapa dari kalian, seperti Lucy (istrinya-red) dan aku, sedang bermimpi ingin membangun keluarga sendiri di masa depan. Tolong tetaplah dekat dengan mereka dan ingatlah, mereka adalah yang benar-benar berarti dalam hidup ini.

Eric Schmidt - Chairman Google

Tujuan kami di sini adalah untuk membuat Anda terpaku di depan komputer. Namun ketahuilah kapan waktunya untuk berhenti. Tidak mungkin untuk menghabiskan seluruh hidup Anda di depan komputer. Kehidupan adalah orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Tool tersebut (komputer) sangatlah powerful. Gunakanlah itu. Kemudian matikan dan berbicaralah dengan manusia.
 
Larry Ellison - CEO Oracle

Aspek paling penting dalam kepribadianku adalah mempertanyakan kebijaksanaan konvensional, meragukan para pakar dan mempertanyakan otoritas. Meskipun hal itu bisa membuat hubungan Anda dengan keluarga dan guru menjadi sulit, hal itu sungguh sangat berguna dalam kehidupan.

Terkadang menjauh dari kantor pusat dan punya sedikit waktu untuk berefleksi membuat Anda menemukan kesalahan dalam strategi Anda. Anda harus memikirkan ulang berbagai hal. Terkadang, hal itu membantuku memperbaiki kesalahan yang telah kulakukan.


detikInet.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...