https://go.ad2up.com/afu.php?id=927640

Top Ad 728x90

yX Media - Monetize your website traffic with us

Sunday, 18 December 2016

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Anime Kimi no Na Wa (Your Name)

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Anime Kimi no Na Wa (Your Name)
Bagi pecinta anime Jepang, penantian menunggu dirilisnya film ini akhirnya usai juga. Mulai Rabu, (7/12) film Kimi No Na Wa (Your Name) akan mulai tayang di bioskop Indonesia nih. Karya teranyar sutradara studio CoMix Wave, Makoto Shinkai ini wajib banget kamu tonton, bahkan jika kamu bukan penggemar anime. Kenapa?

1. Karena ini karya Makoto Shinkai

Makoto Shinkai (foto: NYTimes)
Yup, kehebatan sutradara Makoto Shinkai memang nggak perlu diragukan. Ia adalah sutradara film anime spesialis drama yang dikenal mudah membuat baper penonton. Film garapannya selalu memuat storyline sederhana, namun bisa memainkan emosi penonton layaknya roller coaster.

Buat yang belum tahu, hampir semua film Shinkai punya pattern yang sama: dua karakter cowok dan cewek yang awalnya nggak saling kenal, lalu keduanya akhirnya terhubung lewat pertemuan-pertemuan nggak terduga. Coba aja tonton 5 Centimeters Per Second (2007), dan yang paling baru, The Garden of Words (2013). “Bagiku, misteri terbesar di dunia adalah bagaimana orang bisa saling bertemu, kenal satu sama lain. Sampai saat ini, aku terobsesi untuk mencari jawabannya,” kata Shinkai dilansir dari NY Times.

Salah satu karyanya yaitu film 5 Centimeters per Second yang sukses merajai tangga box office Jepang, bahkan film ini berhasil mengalahkan pamor Spiderman 3 yang tayang di waktu bersamaan. Hanya saja tersebut dianggap berakhir anti klimaks, sedangkan Kimi No Na Wa menyuguhkan ending yang setidaknya nggak menggantung.

Mitsuha Miyamizu, seorang siswa yang tinggal di kota pinggiran Itomori, memohon kehidupan yang seru di kota besar seperti Tokyo. Sementara itu, di Tokyo, Taki Tachibana, seorang pelajar menjalani harinya seperti biasa.

Tiba-tiba, suatu hari, Mitsuha terbangun di Tokyo dan menyadari kalau ia berada dalam tubuh Taki, begitu juga sebaliknya. Taki dan Mitsuha bertukar kehidupan tiap harinya hingga matahari terbenam. Lewat pesan yang ditulis di notes masing-masing, mereka berusaha mencari tahu satu sama lain. Meski nggak saling kenal, keduanya ngerasa dekat dan , Taki bisa mengubah hidup Mitsuha. Hingga akhirnya tubuh mereka sudah nggak tertukar lagi, dan mereka benar-benar bertemu meski dalam keadaan yang berbeda.

2. Visualisasi Terbaik

Bersama studio anime CoMix Wave, sentuhan magic Makoto Shinkai dalam membuat anime membuahkan hasil. Animasi yang diberikan sungguh memanjakan mata dengan detail-detail kecilnya. Salah satunya hamparan pemandangan kota Hinkai yang menjadi tempat jalan cerita di film ini, dan juga Suga Jinja. Kini, Kimi No Na Wa dimasukkan sebagai film yang dipertimbangkan untuk masuk kategori Academy Award ke-89 untuk kategori Best Animated Feature.

3. Jadi Film Jepang Terlaris Tahun Ini

Film berdurasi 117 menit ini begitu booming di Jepang dan menjadi perhatian dunia. Bahkan banyak fans anime dari luar Jepang sengaja datang ke Jepang  untuk bisa menonton lebih dulu film yang sudah rilis 26 Agustus 2016 lalu di negeri asalnya.  Kini keuntungan film tersebut sudah menembus angka lebih dari 19,5 milyar yen. Jika Kimi No Na Wa sukses di 85 negara lain selain Jepang, maka bisa dipastikan pendapatan tersebut akan terus bertambah, mungkin bisa menyaingi karya Studio Ghibli, Spirited Away.

4. Novelnya juga Sukses

Dalam membuat film ini, sutradara Makoto Shinkai memang memulainya dari naskah dulu. Makanya, Film ini diawali sebagai sebuah novel yang rilis dua bulan sebelum filmnya. Menurut Bunko Oricon, buku Kimi No Na Wa sudah berhasil terjual di angka 1 juta kopi. Nggak cuma itu, ada juga novel spinoff-nya yaitu Kimi no Na wa Another side: Earthbound.

5. Menaklukan Box Office dan Award di Negara Lain

Film ini berhasil menguasai puncak box office di Thailand dan Hongkong, Korea Selatan hingga Spanyol. Di Thailand sendiri, setelah 4 hari perilisan, pendapatan yang dihasilkan mencapai 650 Ribu US Dollar. Sedangkan di Hongkong lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 792 ribu US Dollar meski baru 3 hari dirilis.

Selain dipertimbangkan dalam nominasi Osca, Kimi No Wa sudah berhasil mendapat penghargaan dalam award lain di berbagai belahan dunia, salah satunya yaitu ketika mendapat penghargaan di nominasi Best Feature Length Film pada ajang Sitges Internasional Fantastic Film Festival. Bukan hanya di Spanyol, Kimi No Na Wa juga sukses meraih prestasi pada Bucheon International Film Festival ke-18 di Korea. Bahkan hebatnya lagi, film ini menjadi film pertama yang memenangkan dua kategori sekaligus dari Special Distinction Prize dan Audience Prize.

6. Soundtracknya Enak

Soundtrack film ini diisi oleh band rock Jepang, RADWIMPS. Coba dengerin aja.

0 comments :

Post a Comment

Top Ad 728x90